Jumat, 04 April 2014

3 Terlambat 4 Terlalu.........


Kalimat tiga terlambat dan empat terlalu ini sangat berkaitan erat dengan proses kehamilan dan persalinan. Seperti yang kita tahu, usia reproduktif seorang perempuan itu berkisar antara 15 tahun hingga 49 tahun. Atau bisa juga dikatakan selama perempuan tersebut masih mendapatkan masa haid. Ketika seorang perempuan pasangan usia subur menghendaki kehamilan, ada baiknya mengenali tiga terlambat dan empat terlalu tersebut.
Apakah tiga terlambat dan empat terlalu tersebut?
Tiga terlambat adalah tiga kalimat yang mengingatkan semua pihak agar lebih perduli terhadap perempuan yang sedang hamil dan menunggu persalinan. Untuk menyelamatkan ibu bersalin dan anaknya, maka harus dihindari tiga terlambat ini. yaitu:
  1. Terlambat mengenal tanda bahaya dan mengambil keputusan
  2. Terlambat mencapai fasilitas kesehatan, dan
  3. Terlambat mendapatkan pertolongan di fasilitas kesehatan.
Sedangkan empat terlalu adalah kalimat antisipatif bagi pasangan usia subur dalam merencanakan kehamilan. Empat terlalu ini, sebisa mungkin harus dihindari dalam merencanakan kehamilan. yaitu:
  1. Terlalu muda punya anak (kurang dari 20 tahun)
  2. Terlalu banyak melahirkan anak (jumlah anak lebih dari tiga)
  3. Terlalu rapat jarak melahirkan (kurang dari 2 tahun), dan
  4. Terlalu tua untuk mempunyai anak (di atas 35 tahun, resiko tinggi).
Nah, dengan mengenali tiga terlambat dan empat terlalu tersebut, diharapkan pasangan usia subur (suami dan istri) dapat merencanakan kehamilan dengan tepat. Untuk mendukung perencanaan kehamilan, anda bisa memilih alat atau metode kontrasepsi yang sudah saya tuliskan di blog ini. konsultasikan juga dengan bidan, dokter, atau penyuluh keluarga berencana yang ada di kota anda.
Pada bahasan berikutnya, saya akan membahas poin demi poin tiga terlambat dan empat terlalu tersebut. (HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar